Langsung ke konten utama

Belajar Java [PBO] : ENSKAPSULATION

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Enskpasulasi

Enkapsulasi adalah salah satu konsep dasar dalam pemrograman berorientasi objek (OOP). Mari kita periksa bagaimana hal itu dilakukan dan buka beberapa contoh untuk konsep ini.

 

Menurut definisi, enkapsulasi menjelaskan ide bundling data dan metode yang bekerja pada data tersebut dalam satu unit, seperti kelas di Java. Konsep ini juga sering digunakan untuk menyembunyikan representasi internal, atau keadaan suatu objek dari luar. Ini disebut penyembunyian informasi.

 

Gagasan umum dari mekanisme ini sederhana. Misalnya, Anda memiliki atribut yang tidak terlihat dari luar objek. Anda memaketkannya dengan metode yang menyediakan akses baca atau tulis. Enkapsulasi memungkinkan Anda menyembunyikan informasi spesifik dan mengontrol akses ke keadaan internal objek.

 

Dalam Bahasa pemrograman java biasanya ditandai denagan akses modifier “private” pada atributnya. Jadi kita tidak dapat memamggil langsung atribut tersebut namun dapat dilakukan dengan cara memanggil Methodnya.

 

 

Oke inilah cara membuat Enskapsulation pada Bahasa pemrograman Java.

Nah pada tutorial kali ini saya membuat nama projectnya “Enskapsulation”.

‌Buka Netbeans klik New project→ Java→ Java application →next→(beri nama project)→finish.

 


 

 


 

Saya akan membuat 2 buah class yg pertama class Data dan class DataMain

Klik kanan project yang tadi dibuat → Pilih Java class→ (beri nama class)→finish.

 

 


 


Lalu pada class Data buat Beberapa atribut sesuai dengan typenya jangan lupa tambahkan ”Private” didepan atribut tersebut . Buat Method set dan getnya untuk masing masing atribut.

 


Source code :

 

public class Data {

    private String Nama,Alamat,JenisKelamin,Hobi,Motto,Idola,Email,Status,Namapanggilan,

            Tgl_lahir,agama,Zodiak,Warna,Makanan,Keahlian,NickFB,NickGame,NoHp;

    private int Umur,Nim,IdGame;

 

    public String getNama() {

        return Nama;

    }

 

    public void setNama(String Nama) {

        this.Nama = Nama;

    }

 

    public String getAlamat() {

        return Alamat;

    }

 

    public void setAlamat(String Alamat) {

        this.Alamat = Alamat;

    }

 

    public String getJenisKelamin() {

        return JenisKelamin;

    }

 

    public void setJenisKelamin(String JenisKelamin) {

        this.JenisKelamin = JenisKelamin;

    }

 

    public String getHobi() {

        return Hobi;

    }

 

    public void setHobi(String Hobi) {

        this.Hobi = Hobi;

    }

 

    public String getMotto() {

        return Motto;

    }

 

    public void setMotto(String Motto) {

        this.Motto = Motto;

    }

 

    public String getIdola() {

        return Idola;

    }

 

    public void setIdola(String Idola) {

        this.Idola = Idola;

    }

 

    public String getEmail() {

        return Email;

    }

 

    public void setEmail(String Email) {

        this.Email = Email;

    }

 

    public String getStatus() {

        return Status;

    }

 

    public void setStatus(String Status) {

        this.Status = Status;

    }

 

    public String getNamapanggilan() {

        return Namapanggilan;

    }

 

    public void setNamapanggilan(String Namapanggilan) {

        this.Namapanggilan = Namapanggilan;

    }

 

    public String getTgl_lahir() {

        return Tgl_lahir;

    }

 

    public void setTgl_lahir(String Tgl_lahir) {

        this.Tgl_lahir = Tgl_lahir;

    }

 

    public String getAgama() {

        return agama;

    }

 

    public void setAgama(String agama) {

        this.agama = agama;

    }

 

    public String getZodiak() {

        return Zodiak;

    }

 

    public void setZodiak(String Zodiak) {

        this.Zodiak = Zodiak;

    }

 

    public String getWarna() {

        return Warna;

    }

 

    public void setWarna(String Warna) {

        this.Warna = Warna;

    }

 

    public String getMakanan() {

        return Makanan;

    }

 

    public void setMakanan(String Makanan) {

        this.Makanan = Makanan;

    }

 

    public String getKeahlian() {

        return Keahlian;

    }

 

    public void setKeahlian(String Keahlian) {

        this.Keahlian = Keahlian;

    }

 

    public String getNickFB() {

        return NickFB;

    }

 

    public void setNickFB(String NickFB) {

        this.NickFB = NickFB;

    }

 

    public String getNickGame() {

        return NickGame;

    }

 

    public void setNickGame(String NickGame) {

        this.NickGame = NickGame;

    }

 

    public int getUmur() {

        return Umur;

    }

 

    public void setUmur(int Umur) {

        this.Umur = Umur;

    }

 

    public String getNoHp() {

        return NoHp;

    }

 

    public void setNoHp(String NoHp) {

        this.NoHp = NoHp;

    }

 

    public int getNim() {

        return Nim;

    }

 

    public void setNim(int Nim) {

        this.Nim = Nim;

    }

 

    public int getIdGame() {

        return IdGame;

    }

 

    public void setIdGame(int IdGame) {

        this.IdGame = IdGame;

    }

   

   

}

 

 

Untuk Memangil Method pada class DataMain dapat dilakukan seperti berikut.


 

Source code :

public class DataMain {

    public static void main(String[] args) {

        Data dt = new Data();

       

        dt.setNama("Sofana Bayor Hud");

        dt.setJenisKelamin("Laki -Laki");

        dt.setNoHp("082311996493");

        dt.setAlamat("PancaArga");

        dt.setAgama("Islam");

        dt.setUmur(19);

        dt.setNamapanggilan("Sofana");

        dt.setHobi("Nonton Anime");

        dt.setIdola("Harutya");

        dt.setEmail("Darkphantom2744@gmail.com");

        dt.setIdGame(1833885011);

        dt.setMakanan("Binka Ambon");

        dt.setNickFB("Sofana Bayor Hud");

        dt.setNickGame("Darkphanrom");

        dt.setStatus("Mahasiswa");

        dt.setMotto("Isi sendiri");

        dt.setTgl_lahir("4 November 2003");

        dt.setNim(21220265);

        dt.setWarna("Biru");

        dt.setKeahlian("Isi Sendiri");

        dt.setZodiak("Scorpion");

       

        System.out.println("Nama                : "+dt.getNama());

        System.out.println("Nama Panggilan      : "+dt.getNamapanggilan());

        System.out.println("Agama               : "+dt.getAgama());

        System.out.println("Jenis Kelamin       : "+dt.getJenisKelamin());

        System.out.println("Alamat              : "+dt.getAlamat());

        System.out.println("Email               : "+dt.getEmail());

        System.out.println("Hobi                : "+dt.getHobi());

        System.out.println("Tanggal Lahir       : "+dt.getTgl_lahir());

        System.out.println("No. Handphone       : "+dt.getNoHp());

        System.out.println("Status              : "+dt.getStatus());

        System.out.println("Nick Facebook       : "+dt.getNickFB());

        System.out.println("Nick Game           : "+dt.getNickGame());

        System.out.println("Id Game             : "+dt.getIdGame());

        System.out.println("Zodiak              : "+dt.getZodiak());

        System.out.println("Warna Kesukaan      : "+dt.getWarna());

        System.out.println("Motto               : "+dt.getMotto());

        System.out.println("Makanan Kesukaan    : "+dt.getMakanan());

        System.out.println("Umur                : "+dt.getUmur());

        System.out.println("Keahlian            : "+dt.getKeahlian());

        System.out.println("Idola               : "+dt.getIdola());

       

       

       

    }

   

   

}

 

Hasilnya seperti ini :


 

Mungkin sampai disini saja tutorial dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan dan terimakasih sudah membaca. untuk link programnya bisa anda download  disini .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR JAVA [PBO] : AKSES MODIFIER

  Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Akses Modifer Merupakan batasan hak akses pada setiap class . Jadi dengan begitu kita dapat mengakses atribut dari suatu class ataupun membatasinya . Terdapat 3 hak akses pada bahasa pemrograman Java yaitu : ‌ Public. ‌Private. ‌Protected . Ketiga nya memiliki perbedaan sendiri dalam pembatasannya . Nah, agar lebih mudah di pahami saya sudah membuat contoh dan langkah langkah nya. Seperti biasa kita buka apk editornya.Disini saya menggunakan Netbeans . Pertama kali kita buat sebuah Project, klik new project →Java →Java Aplication→ i si nama project & pilih tempat menyimpannya → klik Finish. Setelah itu buat  sebuah  class  pada project tadi,  klik kanan  di project yang kita buat lalu pilih  new  →  class→  isi nama class  → Finish. Saya membuat sebuah class dengan nama Pokemon, si pokemon ini nantinya akan memiliki nama dan memiliki health poin. Jadi kita buat sebuah ...

BELAJAR JAVA [PBO] : Inheritance & Constructor

Inheritance & Constructor  Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Apa itu Inheritance? Inheritance adalah konsep OOP dimana sebuah class dapat menurunkan property dan method yang dimilikinya kepada class lain. Konsep inheritance dipakai untuk memanfaatkan fitur code reuse, yakni menghindari terjadinya duplikasi kode program.Hanya property dan method dengan hak akses protected dan public saja yang bisa diakses dari class anak.  Inheritance ini disebut juga sebagai pewarisan atau penurunan. Konsep inheritance membuat sebuah struktur atau hirarki class dalam kode program. Class yang akan diturunkan bisa disebut sebagai class induk (parent class), super class, atau base class.Sedangkan class yang menerima penurunan bisa disebut sebagai class anak (child class), sub class, derived class atau heir class. Constructor : Conatructor adalah method yang berfungsi untuk menginisialisasi variable – variable intans yang akan dimiliki oleh objek . konstruktor dapat dipanggil pada sa...